Jakarta, 9 April 2017 – World Allergy Organization mengungkapkan bahwa angka prevalensi alergi pada anak di seluruh dunia, termasuk Indonesia cenderung meningkat di tahun-tahun terakhir ini, terutama di negara-negara berpendapatan rendah hingga menengah. Kabar baiknya, dengan penanganan yang tepat, anak dengan alergi dapat tetap ceria dalam kehidupan sosialnya sehingga tumbuh dengan baik dan optimal.
Oleh karena itu, bertepatan dengan World Allergy Week yang jatuh pada 2-8 April 2017, Nutricia Sarihusadakembali mengajak para bunda untuk bergabung dalam Kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K (Kenali, Konsultasikan, Kendalikan). Menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M. Kes, cara yang paling tepat untuk menanggulangi alergi adalah dengan mengontrol dan mencegah reaksi alergi. Orang tua harus tanggap terhadap alergi dengan melakukan 3K, yaitu: Kenali risiko dan gejalanya, Konsultasikan ke dokter agat si Kecil mendapat penanganan yang tepat, dan Kendalikan penyebab alergi dengan nutrisi yang tepat agar si Kecil bisa tetap tumbuh dengan optimal.
Tidak hanya secara fisik, alergi juga dapat memengaruhi sisi psikologis Bunda maupun si Kecil. MenurutPsikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., Psi, untuk memaksimalkan perkembangan mental si Kecil yang memiliki alergi, Bunda juga bisa menerapkan 3K. Kenali sifat anak, kemampuan diri sendiri, dan lingkungan sekitar anak. Konsultasikan pada dokter bersama anggota keluarga yang bisa memberikan dukungan moral. Terakhir, Kendalikan dengan mengajarkan anak tentang makanan yang boleh atau tidak boleh ia makan dengan cara menyenangkan, membuatkan bekal yang menarik, dan jangan ragu informasikan kondisi anak pada guru atau orang tua teman.
Sebagai bagian dari kegiatan Kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K, Nutricia Sarihusada menggelar Fun Walk bertajuk “Tetap Ceria karena Bunda Tanggap Alergi” di car free day, Jakarta. Melalui acara ini, Nutricia Sarihusada mengajak para orang tua serta anak mereka untuk berjalan 2017 langkah, yang dimulai dari Sarinah hingga Bundaran Hotel Indonesia.
“2017 langkah ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen kami mengedukasi para orang tua untuk tanggap terhadap alergi pada anak. Langkah-langkah ini menggambarkan bagaimana satu langkah para Bunda dan orang tua yang hadir sangat berarti untuk menyebarkan informasi tentang tanggap alergi pada para Bunda yang lain,” Jelas Gustavo Hildenbrand, General Manager Nutricia Sarihusada.
Gustavo melanjutkan, penting bagi orang tua untuk memahami cara-cara yang tepat dalam menangani alergi pada anak dengan penuh cinta. Karena dengan penanganan yang tepat secara fisik dan psikologis, si Kecil dengan alergi tetap ceria, hidup sehat dan bahagia sesuai perkembangan usianya, dan Bunda tak lagi dibayangi kecemasan dalam proses tumbuh kembangnya.
Di Fun Walk – Si Kecil Tetap Ceria Karena Bunda Tanggap Alergi ini, para orang tua dapat berpartisipasi secara cuma-cuma untuk mendapatkan pengetahuan lebih mengenai alergi dengan cara yang menyenangkan serta berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi mengenai kondisi anak dan gizi tepat untuk anak alergi. Jalan sehat bersama sambil menyerukan pesan-pesan terkait alergi ini juga akan diisi dengan booth edukasi, games dan hiburan, serta kampanye foto Tanggap Alergi.
Pada 2016 lalu, Kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K telah mengedukasi lebih dari 53 juta bunda di Indonesia. Di kali kedua penyelenggaraan ini, Nutricia Sarihusada berkomitmen secara berkelanjutan untuk memberikan edukasi seluas-luasnya kepada orang tua, khususnya para bunda di Indonesia untuk menangani alergi yang dialami si Kecil agar ia tetap ceria dan tumbuh secara optimal baik secara fisik maupun mental.
“Edukasi langsung kepada para ibu diberikan melalui seminar di rumah sakit di 10 kota yang dibawakan oleh dokter dan psikolog, serta edukasi melalui media massa, yaitu media gathering di 3 kota, talkshow di televisi dan radio dan edukasi melalui iklan layanan sosial di televisi. Ketiga adalah edukasi melalui aset-aset digitalseperti website www.alergianak.com dan media sosial.” Jelas Gustavo.
Saat ini, bunda di seluruh Indonesia bisa berpartisipasi menyerukan komitmen Tanggap Alergi dan menyebarluaskan pengetahuan tentang alergi. Caranya adalah dengan mengunggah foto momen yang menunjukkan kesamaan Bunda dan si Kecil melalui website alergianak.com/tetapceria atau media sosial Twitter dan Instagram dengan mention @alergianakID serta tagar #TetapCeria dan #Tanggap Alergi. Kampanye foto berhadiah ini akan berlangsung hingga akhir Mei 2017. Kunjungi website alergianak.com untuk info lebih lanjut.
Melalui rangkaian kampanye ini, diharapkan Nutricia Sarihusada dapat mendampingi orang tua dalam masa tumbuh kembang anak, termasuk anak dengan alergi. Dengan orang tua memiliki informasi yang akurat dan tepat mengenai penanganan alergi yang dialami si kecil, maka si kecil dapat tumbuh dengan ceria dan dapat bersosialisasi dengan lingkungannya sesuai usianya.