PT Sarihusada Generasi Mahardika meraih penghargaan Special Recognition, Energy Management dalam Sustainable Business Award Indonesia 2017. Penghargaan ini sejalan dengan komitmen Danone One Planet, One Health untuk terus bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
Jakarta, X Desember 2017 – Kini, kesuksesan sebuah bisnis tidak lagi hanya dapat dilihat dari hasil penjualan, tetapi juga seberapa besar dampak positif yang berhasil diberikan bagi masyarakat. Hal inilah yang dipercaya oleh Danone Indonesia dalam melakukan bisnis. Sebagai bagian dari Danone Early Life Nutrition, PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) konsisten melakukan pengelolaan energi secara bijak, sehingga pada 4 Desember 2017 mendapatkan penghargaan Sustainable Business Award (SBA) Indonesia karena dinilai berhasil melakukan penghematan energi, penurunan emisi dan konservasi air.
“Kami sangat bersyukur bahwa hari ini komitmen Sarihusada, dalam Efisiensi Energi, Konservasi Air, dan Penurunan Emisi, diapresiasi oleh SBA Indonesia sebagai Special Recognition dalam kategori Energy Management. Komitmen ini telah direalisasikan sejak 2015 secara berkelanjutan dan hingga Agustus tahun ini, kami telah berhasil menurunkan penggunaan energi hingga 7% dibanding tahun sebelumnya,” ujar Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia. “Kami juga berhasil menurunkan emisi karbon CO2 sebesar 15% atau setara dengan pengurangan 6000 ton CO2 dibandingkan periode yang sama tahun lalu”
Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Sarihusada telah menerbitkan Kebijakan terkait Efisiensi Energi, Konservasi Air dan Penurunan Emisi. Pada 2020, Sarihusada juga telah menargetkan untuk menurunkan 60% penggunaan energi di pabrik, menurunkan 60% penggunaan air di pabrik, dan menurunkan 50% emisi CO2. Hal ini diimplementasikan dengan cara penggunaan mekanisme sensorik pada fasilitas sanitasi, kebijakan “matikan lampu”, mengedukasi karyawan cara mengelola energi, serta menggunakan sumber energi yang berasal dari energi terbarukan, yaitu biogas di area pabrik.
Sustainable Business Awards sendiri merupakan sebuah penghargaan yang berlangsung di enam negara di dunia untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan apresiasi pada pelaku bisnis yang tidak hanya berkembang secara finansial, tetapi juga dalam hal keberlanjutan. Dinilai oleh PricewaterhouseCoopers, lembaga audit terpercaya di dunia dan Indonesia, SBA Indonesia merupakan salah satu penghargaan bergengsi dan terpercaya di ranah bisnis berkelanjutan.
Sejak awal berdirinya tahun 1954, Sarihusada terus berkomitmen untuk menyediakan produk, layanan, dan edukasi yang terdepan dan terjangkau bagi seluruh ibu dan anak di Indonesia. Komitmen ini diwujudkan melalui produk susu Ibu dan anak seperti Lactamil, SGM Bunda dan SGM Eksplor yang dikembangkan oleh lebih dari 1,000 karyawan di seluruh Indonesia, dan 400 peneliti dari Danone Research Center yang tersebar di Belanda, Singapura dan Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, Sarihusada berpegang teguh pada komitmen memberikan manfaat tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk lingkungannya.
Deskripsi foto: Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia mewakili PT Sarihusada Generasi Mahardika menerima Special Recognition, Energy Management dari Sustainable Business Awards Indonesia 2017.
“Kami berharap penghargaan ini dapat memberikan inspirasi bagi pelaku bisnis lainnya untuk memastikan keberlangsungan bisnis juga dapat memberikan dampak positif pada karyawan, lingkungan sekitar, hingga masyarakat luas.” tutup Karyanto.